Rabu, 06 Oktober 2010

Pertumbuhan & Perkembangan Janin Selama Kehamilan

  • Minggu 0
Sperma membuahi sel telur, yang kemudian membentuk sel-sel janin dan tertanam ke dalam rahim sekitar hari ke 11.
 


  • Bulan Ke-1 (Minggu ke-4)
Bagian tubuh pertama muncul yang kemudian akan menjadi tulang belakang, otak dan saraf tulang belakang. Jantung, sirkulasi darah, dan saluran pencernaan terbentuk. Embrio kurang dari 0,64 cm.


  • Bulan Ke-2 (Minggu ke-8)
Perkembangan cepat. Jantung mulai  memompa darah. Anggota badan terbentuk dengan baik. Raut muka dan bagian utama otak dapat dilihat. Telinga terbentuk dari lipatan kulit. Tulang dan otot yang kecil terbentuk dibawah kulit yang tipis.



  • Bulan Ke-3 (Minggu ke-12)
Embrio menjadi janin. Denyut jantung dapat terlihat dengan USG. Diperkirakan lebih berbentuk manusia karena tubuh berkembang. Gerakan pertama dimulai selama minggu ke-12. Jenis kelamin dapat diketahui. Ginjal memproduksi urine.
  • Bulan Ke-4 (Minggu ke-16)
Sistem Musculoskeletal (Otot) sudah matang. Sistem syaraf mulai melaksanakan kontrol. Pembuluh darah berkembang dengan cepat. Tangan janin dapat menggenggam. Kaki menendang dengan aktif. Semua organ mulai matang dan tumbuh. Berat janin sekitar 0,2 kg. Denyut jantung janin dapat didengar dengan Doppler. Pankreas memproduksi insulin.

  • Bulan Ke-5 (Minggu ke-20)
Verniks (lemak putih yang menutupi tubuh bayi) melindungi tubuh bayi. Lanugo (rambut halus pada tubuh bayi) menutupi tubuh dan menjaga minyak pada kulit. Alis, bulu mata dan rambut terbentuk. Janin mengembangkan jadwal yang teratur untuk tidur, menelan dan menendang.

  • Bulan Ke-6 (Minggu ke-24)
Kerangka berkembang dengan cepat karena sel pembentukan tulang meningkat aktifitasnya. Perkembangan pernafasan dimulai. Berat janin 0,7-0,8 kg.

  • Bulan Ke-7 (Minggu ke-28)
Janin dapat bernafas, menelan dan mengatur suhu. "Surfactant" terbentuk di dalam paru-paru. Mata  mulai membuka dan meutup. Ukuran janin 2/3 ukuran pada saat lahir.

  • Bulan Ke-8 (Minggu ke-32)
Simpanan lemak coklat berkembang di bawah kulit untuk persiapan pemisahan bayi setelah lahir. Bayi sudah tumbuh 38-43 cm. Mulai menyimpan zat besi, kalsium, dan fosfor.

  • Bulan Ke-9 (Minggu ke-38)
Seluruh rahim terisi oleh bayi sehingga bayi tidak bisa bergerak/berputar banyak. Antibodi ibu ditransfer ke bayi. Hal ini akan memberikan kekebalan untuk 6 bulan pertama sampai sistem kekebalan bayi bekerja sendiri. Bayi siap untuk dilahirkan ke dunia di luar rahim ibu.


(Sumber: PUSDIKNAKES-WHO-JHPIEGO, 2003)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar